Jajanan Pasar Resep Getuk Lindri Singkong Manis

Siapa yang tidak mengenal jajanan jaman dulu yaitu Getuk lindri, Getuk Lindri adalah salah satu jajanan khas Indonesia yang berbahan dasar singkong. Cara membuat Getuk lindri itu mudah dengan berbahan singkong, gula pasir, dan kelapa parut. Kalian sering meliat beraneka macam warna biasanya diberi pewarna seperti putih original, cokelat, hijau, dan merah muda.

Aneka bentuk seperti mi atau di buat kotak-kotak, biasanya menggunakan cetakan tradisional jaman dulu. Anda bisa menggunakan cetakan modern. Membuat jajanan pasar yang betbahan dasar singkong lindri pandan mengikuti resep yang kami tulis di artikel ini.

Biasanya jajanan pasar ini sangat sulit untuk di temukan, biasanya pada acara-acara tahunan saja yang menyediakan jajanan yang satu ini. Tetapi hanya beberapa penjual saja yang masih bertahan karna tergerus oleh jaman. Oleh karna itu kami akan memberikan tips membuat aneka macam geruk singkong yang enak.

Cara Membuat Getuk Lindri Pandan

getuk lindri

Bahan-bahan:

  • Singkong, kupas lalu cuci bersih
  • 500 gram Gula pasir
  • 100 gram Kelapa, parut kasar lalu kukus selama 5 menit
  • 75 gram Garam
  • 1/2 sdt Pewarna hijau atau
  • Essens pandan 5 tetes saja

Toping

  • 200 gram Kelapa Yang telah di parut, kukus selama 5 menit
  • Garam – 1/2 sdt

Berikut yang telah kami sampaikan diatas adalah bahan-bahan cara membuat jajanan dari singkon. Ada banyak makanan atau kudapan yang bisa kalian buat dengan berbahan singkong. Salah satunya adalah makanan ringan yang terbuat dari singkong ini merupakan salah satu jajanan pasar yang banyak digemari dan ditemui khususnya di daerah Jawa Tengah atau Jawa Timur.

Untuk jajanan ini sendiri mempunyai dua macam, yakni getuk biasa dan getuk lindri. Getuk biasa terbuat dari singkong yang di kukus atau di rebus yang ditumbuk secara halus dengan gula merah yang diiris halus lalu disajikan dengan toping parutan kelapa diatasnya.

Sementara untuk getuk lindri biasanya diberi sedikit tambahan pewarna makanan pada singkong yang telah ditumbuk halus bersama gula merah dan kelapa. Tak jarang juga getuk dipadukan dengan bahan-bahan lainnya seperti ubi, talas, atau pisang agar rasa yang lebih nikmat. Getuk paling enak menjadi camilan sore dan pagi hari bersama secangkir kopi. Selamat Menikmati.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*