Tips Psikotes Menggambar Pohon Agar Bisa Lolos


Tahap rekrutmen adalah salah satu hal utama agar bisa menciptakan sumber daya manusia professional. Hal ini pastinya bukan perkara mudah terlebih demi mencari karyawan yang berkualitas serta professional. Sehingga proses rekrutmen merupakan salah satu tahap penting agar bisa menentukan apakah seorang kandidat layak atau sebaliknya guna bergabung bersama perusahaan yang tengah dilamar.

Terdapat sejumlah tahapan yang harus kandidat lewati dalam tahap rekrutmen yang berlangsung. Namun terdapat beberapa hal yang mesti diperhatikan supaya Anda bisa lulus seleksi dari tes psikotes pekerjaan yang di dalamnya ada gambar pohon, tes menggambar manusia, tes jenis warteg maupun tes wawancara kerja atau interview. Karena itulah Anda perlu tahu dan menerapkan tips psikotes menggambar pohon agar berpeluang besar lolos seleksi pekerjaan.

Sebelum membahas tentang tips psikotes menggambar pohon, ada baiknya Anda mengetahui tentang jenis tes itu sendiri.  Adapun tes psikotes jenis gambar pohon merupakan salah satu dari jenis psikotes menggambar sebagai materi ujian dalam tahap seleksi karyawan baik di suatu instansi milik pemerintah ataupun swasta sekalipun. Tujuan tes ini yaitu guna mengetahui sikap, kemampuan serta sifat di bidang psikologi.

Diharapkan berkat adanya tes tersebut, jajaran tim HRD akan mamu menganalisa latar belakang maupun personality kandidat. Dalam tes ini, kandidat nantinya diminta menggambar sendiri jenis pohon. Sesudah menggambar pohon, kandidat juga diminta menuliskan nama dari pohon yang sudah digambar.

Berikut ini merupakan tips psikotes menggambar pohon yang dapat Anda terapkan demi lolos dari tahap seleksi masuk kerja.

10 Tips Saat Menggambar Pohon

Terdapat beberapa tips yang dapat Anda ikuti demi membuat gambar yang baik serta lolos dari persaingan pelamar lainnya.

  1. Usahakan para kandidat menggambar sebuah pohon dengan rinci dan detail. Di mana pohon tersebut biasanya mempunyai cabang, daun rindang dan ranting. Perlu diketahui gambar itu akan lebih bagus lagi jika kandidat melengkapinya dengan akar, buah serta bunga sekalipun.
  2. Kemudian Anda dapat mengusahakan untuk berlatih dalam menggambar pohon yang di dalamnya terdapat banyak manfaat.
  3. Tips psikotes menggambar pohon berikutnya yaitu memilih untuk menggambar jenis pohon yang di dalamnya terdapat cambium.
  4. Bukan itu saja, penting untuk Anda menghindar dari menggambar pohon pisang, papaya, cemara, bamboo maupun beringin yang di dalamnya tidak terdapat cambium.
  5. Tak lupa untuk menggambar daun yang sangat menampilkan daun itu sendiri.
  6. Adapun tips psikotes menggambar pohon selanjutnya yaitu menggambar dengan ukuran yang proporsional. Hal ini maksudnya adalah ukuran untuk ranting, buah, batang serta daun harus terlihat sesuai.
  7. Berikutnya Anda dapat menggambar secara simetris. Di mana posisi gambar tersebut tak terlalu sebelah kanan maupun ke kiri bahkan terlalu ke bagian atas dan bawah.
  8. Para kandidat sebainya menggambar dengan tarikan garis cukup tegas tetapi janganlah terlalu keras.
  9. Lalu tambahkan judul yang sesuai dengan gambar yang sudah Anda buat sebelumnya. Dengan demikian nantinya bisa lebih mudah tahap penyeleksi penerjemah mengartikan maksud dari gambar pohon buatan Anda.
  10. Tentu saja persiapkan sebelum mengikuti tes pohon yakni gambar apa yang hendak dibuat.

Beberapa tips psikotes menggambar pohon berikut sangatlah penting bagi siapa saja yang ingin memasuki tempat pekerjaan itu. Ikuti semua tipsnya dengan benar sehingga bisa dengan mudah lolos.


Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*