Soal dan Kunci Jawaban IPA Kelas 9 SMP Halaman 136 Ayo Kita Diskusikan Persilangan Monohibrida Satu Sifat Beda


Junior tekno- Persilangan Monohibrida Satu Sifat Beda merupakan salah satu materi yang wajib dipelajari oleh siswa Kelas 9 SMP dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam atau IPA.

Materi Persilangan Monohibrida Satu Sifat Beda ini terdapat dalam buku teks IPA Kelas 9 SMP Cetakan Ke-2, 2018 Edisi Revisi.

Buku teks IPA Kelas 9 SMP ini merupakan salah satu buku yang digunakan oleh guru dan siswa Kelas 9 SMP dalam pembelajaran IPA.

Buku IPA Kelas 9 SMP yang menjadi salah satu sumber belajar utama untuk digunakan pada satuan pendidikan ini ditulis oleh Siti Zubaidah, dkk.

Selain materi tentang Persilangan Monohibrida Satu Sifat Beda, dalam buku IPA Kelas 9 SMP yang diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Kemdikbudristek ini juga terdapat berbagai soal yang harus diselesaikan oleh siswa, termasuk soal-soal yang ada di Halaman 136.

Berikut ini adalah Soal dan Kunci Jawaban IPA Kelas 9 SMP Halaman 136 Ayo Kita Diskusikan Persilangan Monohibrida Satu Sifat Beda berdasarkan pembahasan Guru IPA, Sri Hartini, S.Pd.

Soal IPA Kelas 9 SMP Halaman 136 Ayo Kita Diskusikan Persilangan Monohibrida Satu Sifat Beda

Ayo diskusikanlah dengan teman sebangkumu pertanyaan berikut!

1. Mengapa semua keturunan pertama (filial 1) bunganya berwarna ungu semua?

2. Mengapa ketika filial 1 disilangkan dengan sesamanya menghasilkan filial 2 bunga berwarna ungu dan bunga berwarna putih dengan perbandingan 3 : 1 ?

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 SMP Halaman 136 Ayo Kita Diskusikan Persilangan Monohibrida Satu Sifat Beda

1. Semua keturunan pertama (filial 1) berwarna ungu karena bunga ungu dikode oleh gen U yang bersifat dominan dan bunga warna putih dikode oleh gen u yang bersifat resesif.

Oleh karena itu, ketika disilangkan, filial 1 memiliki genotipe Uu.

Karena terdapat gen U (dominan) dalam filial

1, karakter yang dikode gen u (resesif) akan kalah atau tertutupi oleh karakter yang dikode oleh gen U yaitu berwarna ungu.

2. Filial 1 memiliki genotipe Uu (heterozigot), dan ketika disilangkan sesamanya, akan dihasilkan gamet jantan dengan genotipe U, u dan dari gamet betina dihasilkan genotipe U, u juga.

Penggabungan gamet-gamet ini akan menghasilkan filial 2 dengan genotipe UU, 2 Uu, dan uu.

Filial dengan genotipe UU dan Uu berwarna ungu, sedangkan filial dengan genotipe uu berwarna putih.

Demikian Kunci Jawaban IPA Kelas 9 SMP Halaman 136 Ayo Kita Diskusikan Persilangan Monohibrida Satu Sifat Beda yang bisa dijadikan referensi saat menjawab soal Halaman 136 Ayo Kita Diskusikan Persilangan Monohibrida Satu Sifat Beda.

Artikel soal dan kunci jawaban ini hanya untuk membantu siswa SMP belajar IPA. Kebenaran kunci jawaban ini tidak mutlak, sehingga tidak menutup kemungkinan ada jawaban lainnya.


Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*