Contoh soal dan Kunci Jawaban TKA Biologi SBMPTN 2022


Kunci Jawaban Soal TKA Biologi SBMPTN 2022 – Hello adik-adik kali ini mimin ingin memberikan kunci jawaban contoh soal TKA Biologi SBMPTN 2022. Semoga membantu yaa..

Simak kunci jawaban SBMPTN 2022 Saintek untuk materi Tes Kemampuan Akademik (TKA) Biologi selengkapnya dalam artikel ini dibawah ini

Pendaftaran UTBK-SBMPTN (Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) telah dibuka sejak 23 Maret hingga 15 April 2022.

Pendaftaran UTBK-SBMPTN (Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) telah dibuka sejak 23 Maret hingga 15 April 2022.

Adapun kelompok ujian UTBK-SBMPTN di antaranya Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek), Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum), dan Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum).

Ketiga kelompok ujian tersebut akan menerima tiga materi ujian yang terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS), Tes Kemampuan Bahasa Inggris, dan Tes Kemampuan Akademik (TKA).

Melansir laman LTMPT, materi TKA mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan untuk seseorang dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi.

TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten matapelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes adalah pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Agar peserta ujian dapat mengerjakan semua pertanyaan yang disajikan dalam ujian, penting untuk mengkaji dan mengerjakan latihan lebih dahulu.

Berikut ini adalah contoh latihan soal SBMPTN 2022 Soshum serta kunci jawaban soal SBMPTN Saintek untuk materi TKA Biologi melansir dari laman Ruang Guru.

Kunci Jawaban Soal TKA Biologi SBMPTN 2022

1. Pada suatu hutan di Negara Inggris dapat kita temukan populasi ngengat dengan nama latin Biston betularia yang memiliki warna sayap terang dan gelap.

Pada saat belum terjadi perkembangan industri, populasi ngengat bersayap terang jauh lebih mendominasi dibandingkan ngengat bersayap gelap.

Namun, pada saat perkembangan industri terjadi, populasi ngengat bersayap terang berkurang dan didominasi dengan ngengat bersayap gelap.

Penyebab berkurangnya ngengat bersayap terang pada saat terjadi perkembangan industri adalah ….

A. kemampuan bertahan hidup ngengat bersayap terang tinggi

B. ngengat bersayap terang mati karena kekurangan makanan

C. ngengat bersayap terang dimangsa oleh ngengat bersayap gelap

D. ngengat bersayap terang terseleksi oleh alam

E. ngengat bersayap terang melakukan migrasi ke tempat lain

Jawaban: D

Pembahasan: Sebelum terjadinya perkembangan industri di Inggris, permukaan pohon-pohon banyak tertutup oleh lichen (bioindikator udara bersih) yang memiliki warna yang serupa dengan ngengat bersayap terang.

Sehingga saat ngengat bersayap terang dan gelap hinggap pada permukaan pohon, maka ngengat bersayap terang akan menyerupai lingkungan, sementara ngengat bersayap gelap akan lebih mencolok sehingga terlihat oleh predator kemudian dimangsa (terseleksi).

Hal inilah yang menyebabkan populasi ngengat bersayap terang lebih banyak dari pada ngengat bersayap gelap sebelum terjadinya perkembangan industri.

Namun, setelah terjadinya perkembangan industri, permukaan pohon banyak tertutup oleh residu industri berupa debu sehingga pepohonan menghitam dan lichen mati karena tidak dapat hidup di lingkungan dengan udara kotor.

Sehingga saat ngengat bersayap terang dan gelap hinggap pada permukaan pohon, maka ngengat bersayap gelap akan menyerupai lingkungan, sementara ngengat bersayap terang akan lebih mencolok sehingga terlihat oleh predator kemudian dimangsa (terseleksi).

Hal inilah yang menyebabkan populasi ngengat bersayap gelap lebih banyak dari pada ngengat bersayap terang pada saat terjadinya perkembangan industri.

2. Membuka dan menutupnya stomata dipengaruhi oleh banyak faktor. Stomata akan menutup apabila….

A. kadar ion K+ di dalam sel penjaga meningkat

B. tekanan turgor menurun

C. air masuk ke dalam sel penjaga

D. potensial air pada sel penjaga menurun

E. sel penjaga berada dalam kondisi turgid

Jawaban: B

Pembahasan:

Ketika sel-sel penjaga mengeluarkan ion K+ melalui proses transport aktif, maka stomata akan menutup. Menurunnya kadar zat terlarut di dalam sitoplasma sel penjaga, menyebabkan potensial air di dalam sel menjadi meningkat.

Akibatnya, air akan berosmosis ke luar dari sel penjaga, sehingga sel penjaga berada dalam kondisi flaccid atau tidak turgor.

Saat berada dalam kondisi ini, kedua sel penjaga akan berdekatan sehingga celah stomata menjadi menutup. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah B.

3. Diameter batang pohon mangga jauh lebih lebar dibandingkan dengan diameter batang jagung . Hal ini karena batang pohon mangga memiliki ….

A. meristem apikal

B. meristem primer

C. meristem sekunder

D. meristem interkalar

E. meristem aksilar

Jawaban: C

Pembahasan:

Penambahan diameter batang terjadi karena adanya aktivitas meristem sekunder yaitu kambium. Pohon mangga bisa melakukan pertumbuhan sekunder karena memiliki jaringan meristem sekunder atau kambium pada batangnya. Karena itu, ukuran batangnya lebih lebar.

Sebaliknya, jagung termasuk tumbuhan monokotil yang tidak memiliki kambium sehingga tidak dapat melakukan pertumbuhan sekunder. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah C.

4. Karakter yang dapat ditemukan pada Molusca adalah ….

A. merupakan hewan uniseluler

B. memiliki tulang belakang

C. tubuh simetri bilateral

D. bentuk tubuh diploblastik

E. tubuh beruas-ruas

Jawaban: C

Pembahasan:

Molusca merupakan hewan bertubuh lunak dan tidak memiliki ruas pada tubuhnya. Hewan dalam kelompok ini merupakan hewan multiseluler karena tubuhnya terdiri dari banyak sel.

Molusca merupakan hewan avertebrata atau tidak memiliki tulang belakang. Simetri tubuh yaitu simetri bilateral yaitu memiliki sisi kanan dan sisi kiri tubuh yang sama apabila ditarik garis sumbu vertikal pada tubuhnya. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah C.

5. Struktur yang dimiliki oleh akar tanaman anggrek untuk melindungi anggrek dari kekeringan adalah ….

A. sel kipas

B. sel kersik

C. velamen

D. litokis

E. emergensia

Jawaban: C

Pembahasan:

Pada akar aerial anggrek terdapat derivat epidermis berupa velamen. Velamen berupa lapisan epidermis yang berlapis-lapis.

Velamen ini berfungsi untuk melindungi anggrek dari kekeringan karena dapat membantu penyerapan air dalam bentuk uap air. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah C.

Itulah sedikit uraian mengenai Contoh Soal TKA Biologi dan Kunci Jawaban SBMPTN 2022. Semoga artikel ini bisa membantu


Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*