8 Peluang Usaha di Desa 2022, Sangat Menguntungkan


Peluang Usaha di Desa 2022 – Saat ini banyak orang yang berburu usaha, mulai dari kota sampai desa. Terdapat stigma bahwa usaha yang sukses dimulai di kota besar, padahal ada berbagai peluang usaha di desa yang menguntungkan asal mau berusaha dan selalu belajar.

Menjalankan bisnis saat ini tidak perlu ke kota ataupun sampai merantau keluar kota. Dari desapun sangat bisa. Sebab perkembangan internet yang semakin pesat, membuat semua kebutuhan menjadi semakin mudah.

Karena kemudahan itulah bisa menjadikan peluang usaha di desa.

Jangan berkecil hati karena kamu tinggal di desa, justru berbisnis di desa lebih mudah, karena kompetitor nya tidak banyak. Tentunya hal ini sangat menarik karena menjadikan peluang usaha di desa yang sangat menguntungkan.

Nah pada artikel ini mimin akan memberikan info peluang bisnis di desa yang bisa sobat jadikan refrensi untuk memulai usaha.

Peluang Usaha di Desa 2022, Sangat Menguntungkan

Dikutip dari laman tokotalk, Berikut ini beberapa peluang usaha menguntungkan di desa yang bisa di coba.

1. Toko Sembako

Usaha toko sembako dari dulu sampai sekarang hampir selalu laris karena memang menyediakan berbagai kebutuhan pokok sehari-hari.

Untuk memanfaatkan peluang ini, sobat bisa membuka semabako dengan tampilan modern dan fasilitas yang kreatif dan inovatif, tapi harga tetap merakyat.

Sehingga hal ini akan memudahkan masyarakat sekitar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sobat bisa mencari vendor terpercaya dengan harga bersaing, agar bisa menjual kembali sembako dengan harga yang tidak terlalu tinggi ke konsumen.

Sediakan berbagai produk dengan bentuk eceran atau menyesuaikan kemampuan beli konsumen. Bila sudah berjalan, sobat bisa mengembangkan bisnis dengan jual sembako online juga.

2. Bisnis PPOB (Payment Point Online Bank)

PPOB adalah jasa pembayaran listrik, air, internet, pulsa, bayar leasing, beli tiket, isi saldo digital, bayar BPJS, transfer dana, dan sistem pembayaran online lainnya.

Mungkin belum banyak agen PPOB di desa, namun ada peluang bisnis karena ada permintaan konsumen. Modal agen PPOB dimulai dari satu juta rupiah, tergantung pada skala dan layanan yang ingin kamu sediakan.

3. Usaha Mainan Anak-anak

Mainan anak-anak di desa juga sangat menguntungkan untuk dijadikan sebagai usaha. Tak bisa dipungkiri, anak kecil pasti akan membeli mainan jika sudah melihat ada orang yang berjual mainan.

Meskipun begitu, sobat juga harus melihat peluang mainan apa saja disukai oleh anak-anak. Sehingga barang yang sobat jual perpotensi laku setiap hari.

4. Warung Kopi

Budaya minum kopi sambil berkumpul bersama kawan-kawan sepertinya tidak akan hilang. Sobat bisa memanfaatkan tradisi itu untuk usaha kecil kecilan seperti kedai kopi di desa.

Justru warung kopi sederhana yang paling disukai oleh banyak masyarakat lokal. Menyajikan berbagai jenis kopi lokal, camilan khas desa, menu mie instant, dan tempat yang nyaman untuk berbagi cerita.

Sobat hanya butuh modal untuk sewa kios di lokasi strategis, beli bahan jualan, beli peralatan masak, serta kebutuhan furnitur. Dilansir dari berbagai sumber, modal untuk buat warkop paling kecil mulai lima juta rupiah namun kembali lagi disesuaikan dengan target.

5. Usaha Angkringan

Angkringan adalah tempat makan yang berasal dari Yogyakarta, menjual nasi kucing, sate-satean, mendoan, ayam bacem, wedang jahe, gorengan dan menu makanan khas lainnya.

Angkringan mulai menjamur di berbagai daerah hingga perkotaan. Bila sobat menyasar target konsumen anak muda di tempat yang strategis, bisa memodifikasi angkringan dengan sentuhan yang sedikit lebih modern.

Misalnya, menambahkan dekorasi yang aesthetic, ada WiFi, dan dilengkapi dengan live music. Sementara untuk menu makanan, sebaiknya tetap mempertahankan menu autentik angkringan dengan harga yang terjangkau.

6. Cetak Undangan

Cetak undangan tenyata juga sangat menguntungkan di desa. karena banyak orang yang masih mencari jasa cetak undangan di kota karena desain yang lebih bagus dan rapi.

Nah bagi sobat yang mempunyai keahlian dalam desain, bisa memanfatkan momen ini untuk membuka usaha cetak undangan di desa.

Sobat bisa promosi usaha cetak undangan melalui sosial media, seperti grup facebook desa, bisa juga melalui WhatsApp group atau menggunakan website, dengan menjangkau orang lebih banyak lagi.

Untuk pengiriman luar daerah atau luar kota bisa menggunakan jasa titip barang. Sangat menguntungkan bukan.

7. Usaha Pertanian Hidroponik

Peluang usaha di desa selanjutnya adalah pertanian hidroponik, menanam tanaman dengan media air tanpa tanah sama sekali. Selain tidak memakan banyak lahan, perawatannya juga lebih mudah

Contoh tanaman hidroponik adalah tomat, semangka, paprika, stroberi, blueberi, wortel, cabe, kangkung, sawi, dan lainnya.

Sebagai informasi, hasil sayur atau buah hidroponik lebih mahal karena diklaim lebih sehat. Sobat bisa menjadi pemasok atau vendor tanaman hidroponik untuk dijual di kota atau bahkan ke warung-warung penjual nasi yang ada di desa.

Itulah peluang usaha di desa yang bisa menguntungkan untuk sobat semua. Semoga artikel ini bermanfaat.


Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*